Translate

Rabu, 25 Agustus 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Hakikat Bangsa dan Negara (NKRI)
Kompetensi Dasar :1.1.Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur terbentuknya negara
Indikator : Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
Menguraikan pengertian Negara dan unsure-unsur terbentuknya negara
Alokasi Waktu : 4x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menguraikan pengertian bangsa
• Mendeskripsikan unsur-unsur terbentuknya bangsa
• Medeskripsikan pengertian negara
• Mendeskripsikan Unsur-unsur terbentuknya Negara

B. Materi Pembelajaran
• Pengertian dan Unsur terbentuknya Bangsa
• Pengertian Negara dan unsur-unsur terbentuknya Negara
- Rakyat - Pemerintah yang Berdaulat
- Wilayah - Pengakuan dari Negara lain (Defacto dan Dejure)

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, pemberian tugas, tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN PERTAMA
1. Kegiatan Awal
• Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini
• Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.





b. Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, Kelompok diusahakan berjumlah genap
c. Setiap kelompok diberikan materi untuk didiskusikan dan hasilnya dalam bentuk laporan sederhana
PERTEMUAN KEDUA
a. Guru kemudian membentuk kelompok kerja kooperatif besar, berupa gabungan dari kelompok-kelompok kecil, Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi .



b. Kelompok kooperatif besar kemudian menggabungkan hasil laporannya, dan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan didepan kelas, untuk dilaksanakan diskusi klasikal
c. Diskusi klasikal dipimpin oleh guru sebagai moderator dan mediator
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa membuat kesimpulan akhir tentang materi
b. Guru memberikan soal-soal evaluasi tertulis yang dikerjakan siswa

E. Sumber Belajar

• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP
• Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan


F. Penilaian
• Performance tes (Tugas kelompok dan individual)
• Presentasi



















Lembar Penilaian Diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
No Sikap/Aspek yang dinilai Nama Kelompok Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1. Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik
2 Kerjasama kelompok
3 Hasil tugas
Jumlah Nilai Kelompok
Penilaian Individu Peserta didik
1. Berani mengemukakan pendapat
2. Berani menjawab pertanyaan
3. Inisiatif
4. Ketelitian
Jumlah Nilai Individu


Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran





Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 022



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat bangsa dan Negara (NKRI)
Kompetensi Dasar : 1.3. Mendeskripsikan hakikat Negara dan bentuk kenegaraan
Indikator :
 Mendeskripsikan asal mula terjadinya Negara dan pentingnya pengakuan dari Negara lain
Alokasi Waktu : 2x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan asal mula terjadinya Negara
• Menjelaskan pentingnya pengakuan dari Negara lain (Defacto dan Dejure)

B. Materi Pembelajaran
• Asal mula terjadinya Negara
• Pentinya pengakuan dari Negara lain

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi klasikal
,
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi dengan memberikan pertanyaan lisan tentang materi sebelumnya
• Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan asal mula terjadinya negara
• Guru memberikan contoh-contoh Negara berdasarkan asal mula terjadinya negara tersebut
• Guru memberikan kesempatan bertanya dan menjawab kepada siswa
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Memberikan tes tertulis dengan materi yang telah diajarkan

E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan

F. Penilaian
• Tes tertulis ( Uraian



Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran





Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 022







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat bangsa Negara (NKRI)
Kompetensi Dasar : 1.4. Mendeskripsikan hakikat Negara dan bentuk kenegaraan
Indikator :
 Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan
Alokasi Waktu : 2x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Mendeskripsikan bentuk-bentuk kenegaraan

B. Materi Pembelajaran
• Bentuk-bentuk kenegaraan

C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan penugasan individu

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru memberikan pertanyaan lisan untuk mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap materi yang akan diajarkan
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan materi tentang bentuk- bentuk kenegaraan
• Penugasan secara individu untuk menganalisa perbedaan dari bentuk-bentuk kenegaraan
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas
• Menarik kesimpulan materi

E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan

F. Penilaian
• Performance tes (tugas individu)





Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran





Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 022









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat bangsa Negara (NKRI)
Kompetensi Dasar : 1.5. Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
Indikator :
 Menguraikan Pengertian NKRI dan Tujuan NKRI
Alokasi Waktu : 2x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan pengertian NKRI
• Menjelaskan tujuan NKRI

B. Materi Pembelajaran
• Pengertian dan tujuan NKRI

C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan penugasan individu

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru memberikan pertanyaan lisan untuk mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap materi yang akan diajarkan
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan materi pengertian NKRI
• Penugasan secara individu untuk menganalisa tujuan NKRI dengan mengkaji Pembukaan UUD 1945
• Guru melaksanakan diskusi klasikal berupa Tanya jawab dengan siswa tentang makna setiap tujuan NKRI
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas
• Menarik kesimpulan materi

E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan
F. Penilaian
• Performance tes (tugas individu)
• Tanya jawab




Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran





Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 022







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat bangsa Negara (NKRI)
Kompetensi Dasar : 1.6. Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI
Indikator :
 Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
Alokasi Waktu : 4x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan perbandingan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara

B. Materi Pembelajaran
• Perbandingan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara

C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan diskusi jigsaw

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN PERTAMA
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru memberikan pertanyaan lisan untuk mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap materi yang akan diajarkan
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
• Guru Membagi siswa dalam dua kelompok besar yang akan membahas materi tentang Fungsi dan Tujuan Negara
• Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mencari dan mengkaji literature yang relevan dengan tugas masing-masing (Perpustakaan)

PERTEMUAN KEDUA
3. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan tata cara diskusi jigsaw
• Setiap kelompok diberi kesempatan mempresentasikan hasil kajiannya
• Guru memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk memberikan kritikan,saran, dan pertanyaan kepada kelompok pemateri, serta kesempatan untuk menjawab bagi anggota kelompok pemateri
• Guru memberikan apersepsi terhadap hasil dan jalannya diskusi

3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas
• Menarik kesimpulan materi

E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan

F. Penilaian
• Performance tes (tugas kelompok)
• Tanya jawab

Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran



Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 022



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat bangsa Negara (NKRI)
Kompetensi Dasar :1.7. Menunjukkan semangat kebangsaan, Nasionalisme,patriotisme
Indikator :
 Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan, perwujudan nasionalisme
Alokasi Waktu : 2x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan makna semangat kebangsaan dan perwujudan nasionalisme

B. Materi Pembelajaran
• Semangat Kebangsaan, Nasionalisme, dan Patriotisme
• Macam-macam Perwujudan Nasionalisme dalam kehidupan
• Tata cara penerapan Nasionalisme dan Patriotisme

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, permainan arisan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru memberikan pertanyaan lisan untuk mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap materi yang akan diajarkan
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti

• Guru membuat alat lot arisan yang berisi pengertian dan contoh-contoh materi yang akan diajarkan
• Setiap Siswa diberikan kesempatan untuk mencabut lot
• Siswa yang mendapatkan pengertian dan contoh yang sama otomatis akan manjadi tim
• Setiap tim diberi tugas untuk menganalisa pengertian dan contoh-contoh yang mereka dapatkan dengan menentukan apakah termasuk makna dan contoh semangat kebangsaan, nasionalisme, atau patriotisme
• Hasil analisa setiap tim di tuliskan diselembar kertas
• Guru memeriksa dan memberikan apersepsi terhadap hasil kerja setiap tim

3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas
• Menarik kesimpulan materi
E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan

F. Penilaian
• Performance tes (tugas kelompok)
• Hasil analisa kelompok



Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran





Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 022
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi :2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional
Kompetensi Dasar :2.1. Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional
Indikator :
 Mendeskripsikan pengertian dan macam-macam pengolongan hukum, serta sumber hukum formal dan material
Alokasi Waktu : 2x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan pengertian hukum, penggolongan hukum serta sumber hukum formal dan material
B. Materi Pembelajaran
• Sistem Hukum dan Lembaga Peradilan
- Pengertian hukum
- Penggolongan hukum
- Sumber hukum
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Life Skiil
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru mengajukan pertanyaan mengenai pengertian hukum secara umum
• Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru menerangkan pengertian hukum secara umum
• Siswa diberi tugas membuat skema penggolongan hukum beserta penjelasannya
• Guru menjelaskan sumber hukum formal dan material
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan



F. Penilaian
• Pembuatan Skema penggolongan hukum beserta penjelasannya


Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran





Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 022

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan internasional
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional
Indikator :
 Menjelaskan sis. Tata hukum Indonesia dan pengertian lembaga peradilan serta dasar hukum lembaga peradilan nasional
Alokasi Waktu : 2x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan sistem hukum Indonesia dan lembaga peradilan serta dasar hukum peradilan nasional

B. Materi Pembelajaran
• Tata hukum Indonesia
• Dasar hukum lembaga-lembaga peradilan nasional

C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan penugasan individu

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru memberikan pertanyaan lisan tentang materi sebelumnya
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan materi sistem tata hukum nasional
• Penugasan secara individu untuk mengkaji literature tentang lembaga-lembaga peradilan dan dasar hukumnya
• Siswa membuat rangkuman dari hasil kajiannya
• Siswa diberi tugas (PR) untuk menjawab soal-soal pilihan ganda (buku panduan)
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas
• Menarik kesimpulan materi

E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan

F. Penilaian
• Performance tes (tugas individu)
• Tanya jawab





Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran





Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 02

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan internasional
Kompetensi Dasar : 2.3 Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan
Indikator :
 Mendeskripsikan peranan dan fungsi lembaga peradilan serta macam-macam dan perangkat lembaga peradilan
 Menganalisis macam-macam pelanggaran/sanksi serta contoh perbuatan yang sesuai dan bertentangan dengan hukum
Alokasi Waktu : 2x45 menit


A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan peranan dan fungsi lembaga peradilan serta macam-macam dan perangkat lembaga peradilan
• Menganalisis macam-macam pelanggaran/sanksi serta contoh perbuatan yang sesuai dan bertentangan dengan hukum

B. Materi Pembelajaran
• Lembaga peradilan
- Perangkat atau alat lembaga peradilan
- Klasifikasi lembaga peradilan
- Tingkatan lembaga peradilan
- Peranan dan fungsi lembaga peradilan
• Sikap yang sesuai dengan hukum
- Perbuatan-perbuatan yang sesuai dan bertentangan dengan hukum
- Contoh perbuatan yang melanggar hukum beserta sanksinya





C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan pemberian tugas portofolio

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

• Apersepsi guru menceritakan salah satu kasus hukum yamg diselesaikan melalui tingkatan-tingkatan peradilan
• Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti

• Guru menjelaskan peranan dan fungsi lembaga peradilan
• Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang telah dijelaskan
• Peserta didik secara berpasangan diberikan tugas menyusun klasifikasi, tingkatan, dan perangkat/alat lembaga peradilan
• Guru memeriksa dan memberikan apresiasi terhadap hasil kerja siswa

3. Kegiatan Penutup

• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi.

E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan

F. Penilaian
• Performance tes (tugas berpasangan)
- pembuatan fortofolio
• Tanya jawab


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan internasional
Kompetensi Dasar : 2.5 Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
Indikator :
 Menguraikan pengertian korupsi dan aturan pemberantasan korupsi serta perbuatan yang berkategori korupsi dan upaya pemberantasannya
Alokasi Waktu : 4x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan arti korupsi dan aturan pemberantasan korupsi serta perbuatan yang berkategori korupsi dan upaya pemberantasannya

B. Materi Pembelajaran
• Pemberantasan Korupsi
- Pengertian Korupsi
- Dasar hukum Pemberantasan Korupsi
- Klasifikasi Perbuatan Korupsi
- Kasus Korupsi yang telah diKenakan Sanksi

C. Metode Pembelajaran
• Metode Ceramah dan Unjuk Kerja

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

PERTEMUAN PERTAMA
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan sebelumnya
• Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

• Guru menjelaskan tentang arti Korupsi dan klasifikasi perbuatan korupsi
• Peserta didik secara berkelompok mencari artikel (Koran) di perpustakaan mengenai Kasus-kasus korupsi dan upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam pemberantasan korupsi
• Setiap kelompok membuat laporan dari hasil kerjanya
• Siswa diberi tugas untuk mencari dan mengkaji Dasar hukum pemberantasan korupsi

3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi



PERTEMUAN KEDUA

1. Kegiatan Pendahuluan
• Guru memeriksa dan memberikan apersiasi terhadap hasil kerja laporan tiap kelompok
2. Kegiatan Inti
• Setiap kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil kajiannya
• Siswa diberikan kesempatan untuk menanggapi hasil kajian kelompok pemateri
• Guru melakukan penilaian kognitif maupun afektif
• Guru memberikan feedback terhadap jawaban siswa dan apresiasi terhadap jalannya diskusi

3. Kegiatan penutup
• Guru menyampaikan kesimpulan materi
• Guru memberikan soal-soal ulangan berupa materi dari hasil laporan siswa dan hasil kajian siswa (PR) untuk dikerjakan siswa





E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan

F. Penilaian
• Performance tes (tugas kelompok)
• Tugas individu (PR)
• Ulangan harian




Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran





Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 02







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan Peran Serta dalam Upaya Pemajuan, Penghormatan dan Perlindungan HAM
Kompetensi Dasar :
 3.1 Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
Indikator :
 Mendeskripsikan pengertian dan macam-macam HAM serta upaya pemajuan, penghormatan, penegakan HAM yang dilakukan pemerintah
Alokasi Waktu : 2x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan pengertian dan macam-macam HAM serta upaya pemajuan, penghormatan, penegakan HAM yang dilakukan pemerintah

B. Materi Pembelajaran
• Pemajuan, Penghormatan dan Penegakan HAM
- Pengertian dan macam-macam HAM
- Upaya pemerintah dalam penegakan HAM
- Instrumen atau dasar hukum yang mengatur HAM

C. Metode Pembelajaran
• Metode Ceramah dan Diskusi klasikal

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan untuk mengetahui sejauhmana pemahaman siswa tentang materi tersebut
• Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

• Guru menjelaskan tentang pengertian dan macam-macam HAM
• Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan siswa lain untuk menjawab
• Guru memberikan feedback terhadap pertanyaan dan jawaban siswa
• Guru memberikan contoh-contoh yang menunjukkan upaya pemerintah dalam penegakan HAM
• Siswa diberi tugas untuk mengkaji literature untuk mencari dasar hukum yang mengatur HAM

3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi

E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan

F. Penilaian
• Performance tes (tugas individu)
• Tanya Jawab










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan Peran Serta dalam Upaya Pemajuan, Penghormatan dan Perlindungan HAM
Kompetensi Dasar :
 3.2 Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia
Indikator :
 Menguraikan proses dalam upaya pemajuan,penghormatan dan penegakan HAM serta contoh kasus pelanggaran HAM
Alokasi Waktu : 2x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menguraikan proses dalam upaya pemajuan,penghormatan dan penegakan HAM serta contoh kasus pelanggaran HAM

B. Materi Pembelajaran
• Peran serta dalam penegakan HAM di Indonesia
- Proses pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
- Pelanggaran HAM dan penanganan kasusnya

C. Metode Pembelajaran
• Metode Ceramah dan Penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru memberikan pertanyaan tentang hubungan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan
• Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

• Guru menjelaskan tentang proses pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM di Indonesia
• Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan siswa lain untuk menjawab
• Siswa secara berpasangan diberi tugas untuk mencari berita di media massa baik media tulis maupun elektronik tentang contoh pelanggaran HAM dan penganan kasusnya di Indonesia
• Siswa mengerjakan Lembar Kegiatan Siswa pada Materi tersebut

3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi

E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan

F. Penilaian
• Performance tes (tugas kelompok/berpasangan)
• Mengerjakan Tes (LKS)

Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran





Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 02




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan Peran Serta dalam Upaya Pemajuan, Penghormatan dan Perlindungan HAM
Kompetensi Dasar :
 3.3 Mendeskripsikan instrument hukum dan peradilan internasional HAM
Indikator :
 Mendeskripsikan instrument HAM dan bentuk pelanggaran HAM serta peranan Peradilan HAM internasional
Alokasi Waktu : 2x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menguraikan instrument HAM dan bentuk pelanggaran HAM serta peranan Peradilan HAM internasional

B. Materi Pembelajaran
• Instrumen hukum dan peradilan internasional HAM
- Instrumen HAM internasional
- Kasus Pelanggaran HAM Internasional
- Proses dan sanksi pelanggaran HAM pada peradilan internasional

C. Metode Pembelajaran
• Pendekatan model ICT dan life skill, pemberian tugas, diskusi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru memberikan pertanyaan lisan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang akan diajarkan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membuat 2 kelompok diskusi
• Setiap kelompok melakukan studi kepustakaan untuk mencari contoh-contoh kasus pelanggaran HAM internasional serta proses dan sanksi pelanggaran tersebut

3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi

E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan

F. Penilaian
• Performance tes (tugas kelompok

Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran





Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 02




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan dasar Negara dengan Konstitusi
Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan hubungan dasar Negara dengan konstitusi
Indikator :
 Menguraikan pengertian dasar Negara dan konstitusi Negara serta tujuan dan nilai konstitusi beserta hubungan dasar Negara dengan konstitusi negara
Alokasi Waktu : 2x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menguraikan pengertian dasar Negara dan konstitusi Negara serta tujuan dan nilai konstitusi beserta hubungan dasar Negara dengan kotitusi

B. Materi Pembelajaran
• Dasar Negara dan Konstitusi
- Pengertian Dasar Negara dan Konstitusi Negara
- Tujuan dan Nilai Konstitusi
- Keterkaitan Dasar Negara dan Konstitusi

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Diskusi Klasikal

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui sejauhmana pemahaman siswa tentang materi yang akan diajarkan
• Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan pengertian Dasar Negara dan konstitusi Negara
• Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan
• Guru melakukan set induction, dengan cara menyimak,mengomentari,dan memberikan penguatan positif terhadap argument siswa
• Guru menjelaskan materi selanjutnya tentang tujuan dan nilai konstitusi
• Guru memberikan pertanyaan – pertanyaan tertulis
• Guru memberikan analisa hasil jawaban siswa
3. Kegiatan Penutup
• Guru memberikan tugas individu (PR) untuk menganalisa hubungan antara dasar Negara dengan konstitusi negara
• Menarik kesimpulan materi.

E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan



F. Penilaian
• Pertanyaan-pertanyaan tertulis (LKS)
• Tanya Jawab secara lisan
• Tugas individu (PR)












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan dasar Negara dengan Konstitusi
Kompetensi Dasar : 4.2 Menganalisis Substansi Konstitusi negara
Indikator :
 Menguraikan pengertian dan klasifikasi serta substansi konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
Alokasi Waktu : 2x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan pengertian dan klasifikasi serta substansi konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia


B. Materi Pembelajaran
• Substansi Konstitusi Negara
- Muatan Konstitusi Negara
- Klasifikasi konstitusi di indonesia
- Substansi konstitusi atau UUD 1945

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Pembuatan portofolio

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru memberikan pertanyaan tentang materi sebelumnya
• Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru membagi siswa kedalam 3 kelompok besar
• Setiap kelompok diberi tugas untuk melakukan kajian kepustakaan tentang muatan konstitusi Negara, klasifikasi konstitusi di indonesia, dan subantansi konstitusi (UUD 1945)
• Setiap kelompok melakukan diskusi hasil analisa masing-masing dengan secara bergantian melakukan presentasi didepan kelas
• Guru memberikan apersiasi terhadap hasil analisa masing-masing kelompok
• Siswa diberikan kesempatan untuk saling melemparkan pertanyaan dan menunjuk sendiri siswa yang harus menjawab
3. Kegiatan Penutup
• Guru menjelaskan kembali garis-garis besar materi pelajaran.
E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan
F. Penilaian
• Tugas Kelompok Diskusi
• Tanya Jawab secara lisan





Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran


Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 02




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan dasar Negara dengan Konstitusi
Kompetensi Dasar : 4.3 Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 NKRI
Indikator :
 Mendeskripsikan pokok-pokok pikiran makna tiap alinea dalam pembukaan UUD 1945 besrta kedudukannya
Alokasi Waktu : 2x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan pokok-pokok pikiran makna tiap alinia dalam pembukaan UUD 1945 besrta kedudukannya

B. Materi Pembelajaran
• Pembukaan UUD 1945 NKRI
- Pokok pikiran pembukaan UUD 1945
- Makna setiap alinea dalam pembukaan
- Kedudukan Pembukaan UUD 1945

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru memberikan pertanyaan tentang materi sebelumnya
• Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru memberi tugas setiap siswa untuk menganalisa pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945, serta makna setiap alinea
• Guru memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk menyampaikan hasil analisanya
• Guru memberikan apersiasi terhadap hasil analisa siswa
• Guru menjelaskan kedudukan pembukaan UUD 1945
3. Kegiatan Penutup
• Guru memberikan kesimpulan materi


E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan

F. Penilaian
• Hasil analisa






Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran



Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 02



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan dasar Negara dengan Konstitusi
Kompetensi Dasar : 4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara
Indikator :
 Menguraikan periodisasi konstitusi indonesia serta perilaku positif terhadap konstitusi negara
Alokasi Waktu : 2x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan periodisasi konstitusi indonesia serta perilaku positif terhadap konstitusi negara
B. Materi Pembelajaran
• Perkembangan Konstitusi Indonesia
- Periode berlakunya konstitusi
- Contoh perilaku positif terhadap konstitusi negara
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Kajian Literatur
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru memberikan pertanyaan tentang materi sebelumnya
• Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan dan memberikan contoh-contoh perilaku positif terhadap konstitusi Negara
• Guru dan siswa bersama-sama mencari dengan mengkaji literature tentang periodesasi berlakunya konstitusi negara
3. Kegiatan Penutup
• Guru menjelaskan kembali garis-garis besar materi pelajaran.
• Evaluasi Pilihan Ganda (Buku Paket)
E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan
F. Penilaian
• Menjawab soal-soal pilihan ganda


Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran





Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 02












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 5. Menghargai persamaan kedudukan warga Negara dalam berbagai aspek kehidupan
Kompetensi Dasar : 5.1 Mendeskripsikan kedudukan warga Negara dan pewarganegaraan
Indikator :
 Mendeskripsikan warga Negara Indonesia sesuai UU No.12/2006 serta persyaratan menjadi warga Negara Indonesia
Alokasi Waktu : 2x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan warga Negara Indonesia sesuai UU No.12/2006 serta persyaratan menjadi warga Negara Indonesia

B. Materi Pembelajaran
• Warga Negara dan Pewarganegaraan Indonesia
- Dasar Hukum yang mengatur Warga Negara
- Syarat yang menjadi warga negara
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang akan diajarkan
• Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru menerangkan materi Dasar hukum yang mengatur warga Negara dan syarat-syarat menjadi warga Negara
• Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan
• Guru menjawab setiap pertanyaan siswa dan memberikan penguatan dengan menjelaskan kembali garis-garis besar materi
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas
• Pemberian tugas (PR)

E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend.Kewarganegaraan
• Buku-buku penunjang yang relevan

F. Penilaian
• Tanya jawab
• Tugas individu







Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran





Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 02




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 5. Menghargai persamaan kedudukan warga Negara dalam berbagai aspek kehidupan

Kompetensi Dasar : 5.2 Menganalisis persamaan kedudukan warga Negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Indikator :
 Menganalisis persamaan kedudukan warga Negara serta contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga Negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Alokasi Waktu : 2x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan persamaan kedudukan warga Negara serta contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga Negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
B. Materi Pembelajaran
• Persamaan Kedudukan Warga Negara
- Landasan yang menjamin persamaan kedudukan warga Negara
- Berbagai aspek persamaan kedudukan setiap warga Negara
- Contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Diskusi klasikal
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru memberikan pertanyaan tentang materi sebelumnya
• Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru membagi siswa kedalam 2 kelompok
• Kelompok I, mengkaji landasan yang menjamin persamaan kedudukan WN serta aspek persamaan kedudukan WN
• Kelompok 2, menganalisa contoh-contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan setiap WN
• Setiap kelompok melakukan diskusi hasil analisa masing-masing dengan secara bergantian melakukan presentasi didepan kelas
• Guru memberikan apersiasi terhadap hasil analisa masing-masing kelompok
• Siswa diberikan kesempatan untuk saling melemparkan pertanyaan dan menunjuk sendiri siswa yang harus menjawab
3. Kegiatan Penutup
• Guru menjelaskan kembali garis-garis besar materi pelajaran.
E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan
F. Penilaian
• Tugas Kelompok Diskusi
• Tanya Jawab secara lisan





Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran





Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 02


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 5. Menghargai persamaan kedudukan warga Negara dalam berbagai aspek kehidupan

Kompetensi Dasar : 5.3 Menghargai persamaan kedudukan warga Negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku
Indikator :
 Menunjukkan persamaan kedudukan warga Negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku

Alokasi Waktu : 2x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan kedudukan warga Negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku


B. Materi Pembelajaran
• Persamaan Kedudukan Warga Negara tanpa membedakan
- Ras
- Agama
- Gender
- Golongan
- Budaya dan Suku

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru memberikan pertanyaan tentang materi sebelumnya
• Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan tentang persamaan kedudukan warga Negara dalam berbagai bidang kehidupan
• Siswa mengerjakan soal-soal uraian tentang materi persamaan kedudukan warga negara
3. Kegiatan Penutup
• Guru meberikan apersiasi terhadap hasil pekerjaan siswa


E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan


F. Penilaian
• Mengerjakan soal-soal uraian



Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran


Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 02


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 6. Menganalisa sistem politik di Indonesia

Kompetensi Dasar : 6.1 Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia
Indikator :
 Mendeskripsikan pengertian sistem politik serta supra struktur dan infra struktur politik Indonesia
Alokasi Waktu : 4x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan pengertian sistem politik serta supra struktur dan infra struktur politik Indonesia

B. Materi Pembelajaran
• Pengertian sistem politik Indonesia
• Cara berpolitik melalui supra struktur politik atau lembaga formal Negara dan infra struktur politik

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Diskusi klasikal

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan pertanyaan lisan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang materi yang akan diajarkan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan pengertian sistem politik Indonesia
• Siswa dibentuk dalam 2 kelompok diskusi
* Kelompok 1, menganalisa tentang supra struktur politik
* Kelompok 2, menganalisa tentang infra struktur politik
• Siswa bersama kelompoknya mengkaji materi yang diberikan dengan cara studi kepustakaan
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Menarik kesimpulan materi.


Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menjelaskan tata cara diskusi
2. Kegiatan Inti
• Setiap kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil kajiannya
• Siswa diberikan kesempatan untuk menanggapi hasil kajian kelompok pemateri
• Guru melakukan penilaian kognitif maupun afektif
• Guru memberikan feedback terhadap jawaban siswa dan apresiasi terhadap jalannya diskusi
3. Kegiatan Penutup
• Guru menjelaskan kembali garis-garis besar materi pelajaran.

E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan

F. Penilaian
• Tugas Kelompok Diskusi
• Tanya Jawab secara lisan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 6. Menganalisa sistem politik di Indonesia

Kompetensi Dasar : 6.2 Mendeskripsikan perbedaan sistem politik diberbagai negara
Indikator :
 Menguraikan dinamika politik Indonesia serta perbedaan sistem politik Negara liberal dan komunis
Alokasi Waktu : 4x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan dinamika politik Indonesia serta perbedaan sistem politik Negara liberal dan komunis

B. Materi Pembelajaran
• Dinamika Politik Indonesia
• Perbedaan sistem politik Indonesia dengan sistem politik Negara liberal dan komunis

C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, penugasan (life skiil)

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
4. Kegiatan Pendahuluan
• Guru memberikan pertanyaan tentang materi sebelumnya
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan Dinamika politik Indonesia
• Siswa di beri tugas secara berpasangan (tempat duduk) untuk mengkaji literature dengan menganalisa perbedaan sistem politik Indonesia dengan sistem politik Negara liberal dan komunis
• Siswa bersama kelompoknya mengkaji materi yang diberikan dengan cara studi kepustakaan
6. Kegiatan Penutup
• Menarik kesimpulan materi.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
• Guru memeriksa hasil kajian siswa dan memberikan apersiasi terhadap hasil kerja siswa
2. Kegiatan Inti
• Guru memilih hasil kajian yang terbaik untuk dipresentasikan di depan kelas
• Siswa diberikan kesempatan untuk menanggapi hasil kajian siswa yang tampil
• Guru melakukan penilaian kognitif maupun afektif
• Guru memberikan feedback terhadap jawaban siswa
3. Kegiatan Penutup
• Guru menjelaskan kembali garis-garis besar materi pelajaran dan menarik kesimpulan materi


E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan
F. Penilaian
• Tugas Kelompok Diskusi
• Tanya Jawab






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : MAN I KENDARI
Mata Pelajaran : Pend. Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 6. Menganalisa sistem politik di Indonesia

Kompetensi Dasar : 6.3 Menampilkan peran serta dalam sistem politik Indonesia
Indikator :
 Mengidentifikasikan cirri-ciri masyarakat politik serta perilaku yang menunjukkan peran serta dalam politik Indonesia
Alokasi Waktu : 6x45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Menjelaskan cirri-ciri masyarakat politik serta perilaku yang menunjukkan peran serta dalam politik Indonesia

B. Materi Pembelajaran
• Ciri-ciri masyarakat politik
• Menunjukkan perilaku dan contoh peran serta dalam sistem politik

C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, diskusi klasikal

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
7. Kegiatan Pendahuluan
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
8. Kegiatan Inti
• Guru menunjuk beberapa siswa untuk menguraikan cirri-ciri masyarakat politik menurut pemahaman mereka
• Guru memberikan penguatan positif terhadap hasil jawaban siswa
• Guru menjelaskan kembali tentang cirri-ciri masyarakat politik
• Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya lebih lanjut
• Siswa dikelompokkan menjadi 2 kelompok besar untuk mengkaji tentang
* Contoh perilaku positif yang menunjukkan peran serta dalam sistem politik
* Contoh perilaku negative yang menunjukkan tidak adanya peran serta dalam dunia politik
9. Kegiatan Penutup
• Menarik kesimpulan materi.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
• Guru memeriksa hasil kajian siswa dan memberikan apersiasi terhadap hasil kerja siswa
2. Kegiatan Inti
• Guru mmberikan kesempatan kepada tiap kelompok untuk menjelaskan hasil kajiannya
• Siswa diberikan kesempatan untuk menanggapi hasil kajian siswa yang tampil
• Guru melakukan penilaian kognitif maupun afektif
• Guru memberikan feedback terhadap jawaban siswa


3. Kegiatan Penutup
• Guru menjelaskan kembali garis-garis besar materi pelajaran dan menarik kesimpulan materi

Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
• Guru mengingatkan kembali tentang materi sebelumnya dengan menguraikan garis-garis besar materi tentang sistem politik Indonesia
2. Kegiatan Inti
• Siswa mengerjakan soal-soal ulangan
3. Kegiatan Penutup
• Guru memberikan tugas (PR) kepada siswa untuk membuat kliping koran tentang aktivitas politik di Indonesia

E. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
• Buku sumber Pend. Kewarganegaraan kelas X
• Buku-buku penunjang yang relevan

F. Penilaian
• Tugas Kelompok Diskusi
• Tanya Jawab secara lisan
• Soal-soal Ulangan






Kendari, 2010

Mengetahui
Kepala MAN I Kendari Guru Mata Pelajaran





Ma’sud Achmad, S.Pd, M.Pd NURJANNAH,S.Pd
NIP. 19691108 199703 1 001 NIP. 19751225 200701 2 02

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar