Translate

Senin, 24 September 2012

CONTOH 2. RPP PKn DENGAN PENDEKATAN PAIKEM

CONTOH 2.                                         II.  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)-I

Satuan Pendidikan             : SMP/SMA/MA
Mata Pelajaran                 : Pendidikian Kewarganegaraan
Kelas/Semester                 : XI/1
Alokasi Waktu                   : 1 x 50 menit
Pertemuan                         : ke-1

A.   Standar Kompetensi
Menganalisis budaya politik di Indonesia

B.    Kompetensi Dasar
1.       Mendeskripsikan pengertian budaya politik
2.       Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia

C.    Indikator   
1.       Kogniif
Produk:
1.  Merumuskan pengertian budaya politik
2.  Mengklasifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
Proses:
1.  Menjelaskan pengertian budaya politik
2.  Membedakan tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
2.       Psikomotor
1.       Memilah-milah  rumusan pengertian budaya politik
2.       Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia

3.       Afektif
1.       Memperjelas tentang pengertian budaya politik
2.       Menyetujui adanya tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia

D.   Tujuan Pembelajaran
1.       Kogniif
Produk:
1.  Siswa dapat merumuskan pengertian budaya politik
2.  Siswa dapat mengklasifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
Proses:
1.  Siswa dapat menjelaskan pengertian budaya politik
2.  Siswa dapat membedakan tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
2.       Psikomotor
1.    Siswa dapat memilah-milah  rumusan pengertian budaya politik
2.    Siswa dapat mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
3.       Afektif
1.    Siswa dapat memperjelas tentang pengertian budaya politik
2.    Siswa dapat menyetujui adanya tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
E.    Materi Pembelajaran
1.    Pengertian Budaya Politik….  (uraikan secara garis besar)
2.    Tipe-tipe Budaya Pilitik …..(uraikan secara garis besar)

F. Motede dan Model Pembelajaran
a.       Pendekaan                           : PAIKEM
b.      Metode Pembelajaran    : ceramah, kerja kelompok, Tanya jawab, penugasan
c.       Model Pembelajaran        : Numbered Heads Together (NHT) (Kepala Bernomor)

G. Kegiatan Pembelajaran

Jenis Kegiatan (waktu)
Fase/Langkah Kegiatan
Kegiatan Guru dan Siswa
Terlaksana/ tidak
Pendahuluan /Awal  (10mnt)
Pengkondisian kelas,  danmelakukan apersepsi
Guru memeriksa persiapa alat pembelajaran (buku, pena, dll dan kondisi ruang kelas),
Guru memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan sehubungan materi yang diajarkan,
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan recana kegiatan pembelajaran akan berlangsung.
Terlaksana
Inti  (30 menit)
Mengorganisasikan  siswa dalam kelom-pok belajar
Guru Membentuk 6 kelompok belajar siswa yang beranggotakan 5 orang, dan setiap anggota dalam kelompok diberikan nomor urut
sda
Menyajikan informasi
Guru member penjelasan materi secara singkat   (budaya politik di Indonesia), selanjutnya akan  menjadi tugas kelompok yang akan dikerjakan oleh siswa, meminta siswa untuk membaca buku/bahan ajar dan menggaris bawahi kata-kata kunci/penting. (Guru menyiapkan wacana/ tugas/LKS)
Sda
Membimbing kelompok
Guru memperhatikan dan membimbing kegiatan belajar  siswa dalam kelompok, menyuruh siswa untuk memastikan jawaban yang dianggap paling benar terhadap jawaban masalah yang didiskusikan.
Guru memotivasi siswa  anggota kelompok untuk  mengetahui jawaban yang benar atas masalah yang menjadi tanggung jawab mereka

Tidak
Persentase/Pelaporan
Hasil Kerja Kelompok
Guru memanggil salah satu dari nomor urut  siswa dalam kelompok dan nomor yang dipanggil akan melaporkan hasil kerja sama dalam kelompoknya, saat menentukan nomor dilakukan dengan undian.
Guru memintakan tanggapan dari kelompok yang lain terhadap jawaban hasil diskusi  kelompok. Guru memberikan penegasan terhadap jawaban dari masalah didiskusikan

Tidak
Penutup/ Akhir
(10 menit)
Evaluasi
Meminta siswa secara individu untuk mengerjakan soal evaluasi
Tidak
Menyimpulkan dan merangkum materi
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran, dan  membantu siswa merangkum materi. Memberikan tindak lanjut (tugas rumah)
Guru meminta siswa untuk menyanyikan lagu himne guru




H. Sumber  dan media/alat belajar

1.         Sumber:
1)      KTSP 2006/ kur.sekolah mitra.
2)      Standar isi Matpel PKn
3)      PKn 2 untuk kelas XI SMA dan MA
4)      Dst…………………………….

2.         Media/Alat:  Gambar perilaku Poltik,  Peta konsep, Kotak diisi guntingan kertas  nomor urut,  dan LKS





I. Penilaian/Evaluasi
I.Tes Tertulis : Soal essay  

       Petunjuk:  Jawablah pertanyaan berikut secara tepat!
1.       Apa yang dimaksud Budaya poiliti ………………
2.       Jelaskan bagaimakah pendapat Merriam Budiardjo tentang budaya politik……………………..
3.       Jelaskan perbedaan antara budaya politik parochial dengan budaya politik subjek?
4.       Apakah setuju sebagian masyarakat  Indonesia dalam menentukan sikap politiknya masih tergantung dari tokoh-tokoh masyarakat?



II. Kunci jawaban soal essay
1.    Orientasi warga Negara terhadap obyek poliik………………
2.    Dst………………………


        III. Pedoman Penskoran
No
Soal
Skor
1


2


3


4





CONTOH  3.                                        III.   BAHAN AJAR
Mata pelajaran                 :  Pendidikan Kewarganegaraan
Standar Kompetensi       :  Menganalisis budaya politik di Indonesia   (sesuai RPP)
Kompetensi Dasar           : 1. Mendeskripsikan pengertian budaya politik  
                                                  2. Mengalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
      Indonesia  (sesuai  RPP)
Indikator  (sesuai RPP)   : 
4.       Kogniif
Produk:
1.  Merumuskan pengertian budaya politik
2.  Mengklasifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
Proses:
1.  Menjelaskan pengertian budaya politik
2.  Membedakan tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
5.       Psikomotor
3.       Memilah-milah  rumusan pengertian budaya politik
4.       Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia

6.       Afektif
3.       Memperjelas tentang pengertian budaya politik
4.       Menyetujui adanya tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia

Uraian Materi   (sesuai indicator kognitif, psikomotor, afektif)
A.   PENGERTIAN BUDAYA POLITIK
………………………….Salin dari buku sumber (lihat buku sumber anda)
………………………….sisipkan gambar-gambar, atau skema
…………………………..sisipkan contoh
B.    TIPE-TIPE BUDAYA POLITIL  
………………………….Salin dari buku sumber (lihat buku sumber anda)
………………………….sisipkan gambar-gambar, atau skema
…………………………..sisipkan contoh

Latihan dan contoh soal

 Kerjakan soal-soal di bawah ini.               
Petunjuk mengerjakan soal (perlu ada) .Cth.   Pililah jawaban yang tepat (soal obyektif), atau kerjakan soal latihan berikut dengan member jawaban secara singkat (soal esay)
1.cth soal ………………………………..(obyektif atau uraian)
2. cth kunci jawaban soal…………..

RANGKUMAN

1.       Budaya politik adalah orientasi warga Negara terhadap …………………………….dst.
2.       Budaya politik terdiri atas budaya poltik parochial, subjek, dan parisipan. Berdasarkan tiga tipe budaya politik tersebut, muncul tipe budaya politik campuran……dst.
                 
Daftar pustaka
Budiardjo, Mirriam, 1997.Dasar-Dasar Ilmu Politik. Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia
Jutmini, Sri, dkk, 2007. Pendidikan Kewargenagaraan 2 untuk kelas XI SMA dan MA,Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
CONTOH  4.                                        IV.  LEMBAR  KEGIATAN SISWA  (LKS)
Mata pelajaran                 :  Pendidikan Kewarganegaraan
Materi Pelajaran              : Budaya politik di Indonesia 

Tujuan


1.       .Siswa dapat menjelaskan pengertian budaya politik
2.       Siswa dapat menjelaskan pengertian pengertian budaya poliitik menurut pendapat sarjana
3.       Siswa dapat membedakan tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
4.       Siswa dapat memberikan contoh tipe budaya politik campuran

Latihan

                                                            
Petunjuk Latihan Soal Obyektif (pilihan ganda)……..Pililah jawaban yang tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf  a,  b,  c,  d,  atau  e!

1.       Budaya politik mencakup orientasi warga Negara terhadap objek politik dan sikap warga Negara terhadap perannya sendiri dalam system politik. Pendapat itu dikemukakan oleh…
a.       Kay Lawson
b.      Alan R.Ball
c.       Gabriel Almond
d.      Austin Ranney
e.      Mirriam Budiardjo
2.       Warga Negara sebagai insan politik yang tidakmau berpartisipasi dalam bidang politik disebut….
a.       Partisipan
b.      Partai politik
c.       Lembaga peradilan
d.      Undang-undang
e.      Wilayah negara
3.       dst…………………………….

Petunjuk Laihan soal essay…………….Jawablah pertanyaan berikut secara tepat!
1.       Apa yang dimaksud bBudaya poiliti ………………
2.       Jelaskan bagaimakah pendapat Merriam Budiardjo tentang budaya politik……………………..
3.       Menunjukkan perilaku yang mendukung terhadap budaya politik dalam masyarakat Indonesia

No
Pernyataan
SS
S
R
TS
STS
Skor
Total
1
Dalam masyarakat Indonesia masih dijumpai perilaku politik sesorang masih tergantung kepada orang lain (tokoh masyarakat)






2
Masyarakat Indonesia tidak bebas menentukan sikap politiknya






3
Dst…………………









Kunci Jawaban

1.       Kunci jawaban latihan soal essay
2.       Kunci jawaban latihan soal obyekif


CONTOH  5.                                        V.  MEDIA PEMBELAJARAN (MP)

CONTOH PERILAKU BUDAYA POLITIK INDONESIA


Gambar 1.cth…….

Gambar 2. Cth……..
 








                                                                                                                                                                                             
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               


                                                                                                                                                                                                               
CONTOH  6.                                                        VI.   PENILAIAN

MATA PELAJARAN       : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS                          : XI
SEMESTER                   :I (SATU)
WAKTU                        : 50 MENIT
--------------------------------------------------------------------------------------
I.                    Soal Pilihan  (C1 - C6)
Pililah jawaban yang tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf  a,  b,  c,  d,  atau  e!

1.       Budaya politik mencakup orientasi warga Negara terhadap objek politik dan sikap warga Negara terhadap perannya sendiri dalam system politik. Pendapat itu dikemukakan oleh…
a.       Kay Lawson
b.      Alan R.Ball
c.       Gabriel Almond
d.      Austin Ranney
e.      Mirriam Budiardjo
2.       Warga Negara sebagai insan politik yang tidakmau berpartisipasi dalam bidang politik disebut….
a.       Partisipan
b.      Partai politik
c.       Lembaga peradilan
d.      Undang-undang
e.      Wilayah negara
3.       dst…………………………….

II.                  Soal essay   (C1- C6)
Jawablah pertanyaan berikut secara tepat!
5.       Apa yang dimaksud Budaya poiliti ………………
6.       Jelaskan bagaimakah pendapat Merriam Budiardjo tentang budaya politik……………………..
7.       Jelaskan perbedaan antara budaya politik parochial dengan budaya politik subjek?
8.       Apakah setuju sebagian masyarakat  Indonesia dalam menentukan sikap politiknya masih tergantung dari tokoh-tokoh masyarakat?


------------------------------------------------------------------------------------------------------------


 KUNCI JAWABAN   (dibuat dalam lembar terpisah dengan lembar soal)

I.                    Kunci jawaban soal obyekif
1.      A
2.      A
3.      A
II.                  Kunci jawaban soal essay
3.      Orientasi warga Negara terhadap obyek poliik………………
4.      Dst………………………

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar