Jenis
Sekolah : Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari Alokasi Waktu : 120 menit
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan Jumlah Soal : 50 soal
Kurikulum : KTSP Penulis : Nurjannah,S.Pd
Nursan,S.Pd
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
KEMAMPUAN YANG DI UJI
|
INDIKATOR SOAL
|
KELAS/
SEMESETER
|
RANAH KOGNITIF
(C1-C6)
|
BENTUK SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
Memahami
hakekat bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.
|
Siswa
dapat mengidentifikasikan unsur-unsur terbentuknya negaraSiswa dapat
menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan.Siswa dapat mendiskripsikan tentang
konsep negara kesatuan.Siswa dapat menjelaskan konsep nasionalisme dan
patriotisme
|
Mengidentifikasikan
unsur-unsur terbentuknya negara
|
X/1
|
C1
|
PG
|
1
|
Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan
|
X/1
|
C4
|
PG
|
2
|
|||
Mendeskripsikan
tentang konsep Negara kesatuan
|
X/1
|
C1
|
PG
|
3
|
|||
Menjelaskan
konsep nasionalisme dan patriotisme
|
X/1
|
C1
|
PG
|
4
|
|||
2
|
Menganalisa
sikap positif terhadap penegakan hukum,peradilan nasional dan tindakan
anti korupsi
|
Siswa
dapat menjelaskan sistem hukum dalam negara hukum.Siswa dapat
mengidentifikasi peran lemba-ga peradilan nasional.Siswa dapat memaparkan
contoh sikap yang sesuai dengan koridor hukumSiswa dapat mendeskripsikan
peran KPK
|
Menjelaskan
sistem hukum dalam Negara hukum
|
X/1
|
C1
|
PG
|
5
|
Mengidentifikasi
peran lembaga-lembaga peradilan nasional
|
X/1
|
C1
|
PG
|
6
|
|||
Memaparkan
contoh sikap yang sesuai dengan koridor hukum
|
X/1
|
C2
|
PG
|
7
|
|||
Mendeskripsikan
peran KPK
|
X/1
|
C1
|
PG
|
8
|
|||
3
|
Menganalisis
pola-pola dan partisipasi aktif dalampemajuan, penghormatan serta penegakan
HAM baik di Ind. maupun di luar negeri
|
Siswa
dapat menjelaskan pengertian, makna dan jenis HAM.Siswa dapat
mengidentifikasi upaya pemerintah dalam menjamin penegakan HAM.Siswa dapat
menganalisis peran peradilan HAM internsional dalam penegakan HAM diseluruh
dunia
|
Menjelaskan
pengertian dan makna HAM
|
X/1
|
C1
|
PG
|
9
|
Menjelaskan
jenis-jenis HAM
|
X/1
|
C1
|
PG
|
10
|
|||
Mengidentifikasi
upaya pemerintah dalam menjamin penegakan HAM
|
X/1
|
C1
|
PG
|
11
|
|||
Menganalisis
peran peradilan HAM internasional dalam penegakan HAM di seluruh dunia
|
X/1
|
C4
|
PG
|
12
|
|||
4
|
Menganalisis
peran dan hak warga negara dan sistem pemerintahan NKRI
|
Siswa
dapat menjelaskan proses pewarganegaraan WNI.Siswa dapat menganalisis
statuskewarganegaraan seseorang menurut pernikahan lintas negara.Siswa dapat
membedakan kedudukan antara WNI dan WNA Siswa dapat menunjukkan lembaga supra
struktur politik.Siswa dapat Menampilkan sistem politik Indonesia. Siswa
dapat menganalisis sistem pemerintahan menurut konstitusi suatu negara. Siswa
dapat menjabarkan sistem pemerintahan Indonesia. Siswa dapat
mengidentifikasikan peran demokrasi dalam sistem pemerintahan Indonesia
|
Menjelaskan
proses pewarganegaraan WNI
|
X/2
|
C1
|
PG
|
13
|
Menganalisis
status kewarganegaraan seseorang menurut pernikahan lintas negara
|
X/2
|
C4
|
PG
|
14
|
|||
Membedakan
kedudukan antara WNI dan WNA
|
X/2
|
C5
|
PG
|
15
|
|||
Menunjukkan
lembaga suprastruktur politik
|
XI/1
|
C1
|
PG
|
16
|
|||
Menampilkan sistem politik indonesia
|
XI/1
|
C6
|
PG
|
17
|
|||
Menganalisis
sistem pemerintahan menurut konstitusi suatu negara
|
XI/1
|
C4
|
PG
|
18
|
|||
Menjabarkan
sistem pemerintahan Indonesia
|
XI/1
|
C2
|
PG
|
19
|
|||
Mengidentifikasikan
peran demokrasi dalam sistem pemerintahan Indonesia
|
XI/1
|
C1
|
PG
|
20
|
|||
5
|
Menganalisis
budaya politik demokrasi,konstitusi, kedaulatan Negara, keterbukaan dan
keadilan di Indonesia
|
Siswa
dapat mendeskripsikan budaya politik yang berlaku di suatu negara.Siswa dapat
menguraikan tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia.Siswa dapat
menjelaskan pengertian dan bentuk sosialisasi politik.Siswa dapat menyebutkan
berbagai macam bentuk pola partisipasi politik warga negaranya.Siswa dapat
mendefenisikan jenis keadilan yang diperkenalkan oleh berbagai tokoh. Siswa
dapat memaparkan pemerintahan yang baik. Siswa dapat menjelaskan sikap yang
mencerminkan keterbukaan dan keadilan yang sesuai dengan kepribadian bangsa
Indonesia. Siswa dapat menunjukkan peran dan fungsi yang melekat pada lembaga
pers nasional. Siswa dapat menjelaskan perkembangan pers Indonesia. Siswa
dapat menganalisis pers demokratis yang dicita-citakan.
|
Mendekripsikan
budaya politik yang berlaku di seuatu negara
|
XI/1
|
C1
|
PG
|
21
|
Menguraikan
tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia
|
XI/1
|
C2
|
PG
|
22
|
|||
Menjelaskan
pengertian dan bentuk pola partisipasi politik warga negaranya
|
XI/1
|
C1
|
PG
|
23
|
|||
Mendefenisikan
jenis keadilan yang diperkenalkan oleh berbagai tokoh
|
XI/1
|
C2
|
PG
|
24
|
|||
Memaparkan
pemerintahan yang baik
|
XI/1
|
C1
|
PG
|
25
|
|||
Menjelaskan
sikap yang mencerminkan keterbukaan dan keadilan yang sesuai dengan
kepribadian bangsa Indonesia
|
XI/1
|
C1
|
PG
|
26
|
|||
Menunjukkan
peran dan fungsi yang melekat pada lembaga pers nasional
|
XII/2
|
C1
|
PG
|
27
|
|||
Menjelaskan
perkembangan pers Indonesia
|
XII/2
|
C1
|
PG
|
28
|
|||
Menganalisis
pers demokrasi yang dicita-citakan
|
XII/2
|
C4
|
PG
|
29
|
|||
6
|
Mengevaluasi
hubungan internasional dan sistem hukum internasional
|
Siswa
dapat menentukan faktor – faktor yang mempengaruhi hubungan internasional.Siswa
dapat menjelaskan tahap-tahap terjadinya perjanjian internasional.Siswa dapat
membandingkan antara perwakilan diplomatik dengan perwakilan konsuler.
|
Menentukan
factor-faktor yang mempengaruhi hubungan internasional
|
XI/2
|
C3
|
PG
|
30
|
Menjelaskan
tahap-tahap terjadinya perjanjian internasional
|
XI/2
|
C1
|
PG
|
31
|
|||
Membandingkan
antara perwakilan diplomatic dengan perwakilan konsuler
|
XI/2
|
C5
|
PG
|
32
|
|||
7
|
Mengevaluasi
sikap berpolitik dan bermasyarakat madani sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang
Dasar 1945
|
Siswa
dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip kehidupan demokrasi.Siswa dapat
menjelaskan ciri-ciri masyarakat madani.Siswa dapat menganalisis perkembangan
pelaksanaan demokrasi Indonesia.Siswa dapat mengidentifikasikan tahapan budaya
politik yang berkembang di suatu negara.Siswa dapat mendeskripsikan peran
pancasila sebagai ideologi terbuka. Siswa dapat mendeskripsikan peran
Pancasila sebagai paradigma pembangunan. Siswa dapat menganalisis contoh
sikap yang sesuai dengan ideologi pancasila.
|
Mengidentifikasi
prinsip-prinsip kehidupan demokrasi
|
XI/2
|
C1
|
PG
|
33
|
Menjelaskan
ciri-ciri masyarakat madani
|
XI/2
|
C1
|
PG
|
34
|
|||
Menganalisis
perkembangan pelaksanaan demokrasi Indonesia
|
XI/2
|
C4
|
PG
|
35
|
|||
Mengidentifikasikan
tahapan budaya politik yang berkembang di suatu Negara
|
XI/2
|
C1
|
PG
|
36
|
|||
Mendeskripsikan
peran pancasila sebagai ideologi terbuka
|
XII/1
|
C1
|
PG
|
37
|
|||
Mendeskripsikan
peran pancasila sebagai paradigm pembangunan
|
XII/1
|
C1
|
PG
|
38
|
|||
Menganalisis
contoh sikap yang sesuai dengan ideologi pancasila
|
XII/1
|
C4
|
PG
|
39
|
|||
8
|
Menganalisis
peran Indonesia dalam politik dan hubungan internasional, regional dan
kerjasama global lainnya
|
Siswa
dapat menjelaskan peran dan fungsi hubungan internasional.Siswa dapat
menentukan tahapan faktor-faktor yang mempengaruhi batalnya perjanjian
internasional.Siswa dapat mengidentifikasikan fungsi staff diplomatik di
suatu negara.Siswa dapat menunjukkan peran berbagai organisasi
internasional.Siswa dapat menjelaskan manfaat adanya perjanjian internasional
antar negara. Siswa dapat mendeskripsikan dampak positif globalisasi bagi
suatu negara. Siswa dapat mengidentifikasikan pengaruh negatif yang muncul
sebagai dampak dari globalisasi. Siswa dapat menganalisis aspek globalisasi
yang bertentangan dengan kepribadian bangsa.
|
Menjelaskan
peran dan fungsi hubungan internasional
|
XI/2
|
C1
|
PG
|
40
|
Menentukan
tahapan factor-faktor yang mempengaruhi batalnya perjanjian Internasional
|
XI/2
|
C3
|
PG
|
41
|
|||
Mengidentifikasikan
fungsi staff diplomatic di suatu Negara
|
XI/2
|
C1
|
PG
|
42
|
|||
Menunjukkan
peran berbagi organisasi internasional
|
XI/2
|
C1
|
PG
|
43
|
|||
Menjelaskan
manfaat adanya perjanjian internasional antar Negara
|
XI/2
|
C1
|
PG
|
44
|
|||
Mendeskripsikan
dampak positif globalisasi bagi suatu Negara
|
XII/2
|
C1
|
PG
|
45
|
|||
Mengidentifikasi
pengaruh negative yang muncel sebagai dampak dari globalisasi
|
XII/2
|
C1
|
PG
|
46
|
|||
Menganalisis
aspek globalisasi yang bertentangan dengankepribadian bangsa
|
XII/2
|
C4
|
PG
|
47
|
|||
9
|
Menganalisis
sistem hukum internasional, hukum internasional, timbulnya konflik internasional
dan mahkamah internasional
|
Siswa
dapat mendeskripsikan peran hukum internasional dalam mewujudkan perdamaian
dunia.Siswa dapat mendiskripsikan faktor penyebab munculnya sengketa
internasional.Siswa dapat menghargai setiap putusan yang diambil oleh
Mahkamah internasional dalam menyelesaikan sengketa antar negara.
|
mendeskripsikan
peran hukum internasional dalam mewujudkan perdamaian dunia
|
XI/2
|
C1
|
PG
|
48
|
Mendiskripsikan
faktor penyebab munculnya sengketa internasional
|
XI/2
|
C1
|
PG
|
49
|
|||
Menunjukkan
cara menghargai putusan yang diambil oleh mahkamah internasional dalam
menyelesaikan sengketa antar negara
|
XI
|
C1
|
PG
|
50
|
Referensi :
1.
UUD NRI 1945
2.
KTSP
3.
PKn MA oleh Bambang Suteng Penerbit Erlangga
4.
PKn MA oleh Budiyanto Penerbit Erlangga
5.
PKn MA oleh Retno Listyarti Penerbit ESIS